ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah
perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction dan siswa yang
mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu
studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control
group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3
Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksprimen dan kelas
kontrol) melalui teknik random sampling dari delapan kelas paralel yang
tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen
yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes kemampuan
komunikasi, skala Self-Concept, bahan
ajar berupa LKS komunikasi matematis dan non-tes (lembar observasi).
Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok Anchored Instruction dengan kelompok konvensional
digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian
terpenuhi. Dari data dan hasil uji statistik kemudian
dianalisis dengan bantuan SPSS 16 For Windows dan Microsoft Excel 2007 untuk menginterpretasikan kemampuan komunikasi
matematis siswa serta Self-Concept
siswa terhadap pembelajaran dengan model Anchored
Instruction. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui
bahwa 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran
dengan menggunakan model Anchored
Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional; 2) Self-Concept siswa
yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh
pembelajaran konvensional; (3) Peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori sedang; (4) Peningkatan self-concept siswa tentang matematika yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self-Concept siswa tentang matematika. Penggunaan model Anchored Instruction dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept siswa menjadi lebih baik, secara kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Anchored Instruction dan yang menggunakan pendekatan konvensional.
komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori sedang; (4) Peningkatan self-concept siswa tentang matematika yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self-Concept siswa tentang matematika. Penggunaan model Anchored Instruction dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept siswa menjadi lebih baik, secara kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Anchored Instruction dan yang menggunakan pendekatan konvensional.
download full
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
how?