Senin, 29 Desember 2014

MODEL ANCHORED INSTRUCTION PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept antara siswa yang mendapatkan  pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksprimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling dari delapan kelas paralel yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua macam instrumen yaitu tes dan non tes. Tes meliputi tes kemampuan komunikasi, skala Self-Concept, bahan ajar berupa LKS komunikasi matematis dan non-tes (lembar observasi). Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelompok Anchored Instruction dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji statistik kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 16 For Windows dan Microsoft Excel 2007 untuk menginterpretasikan kemampuan komunikasi matematis siswa serta Self-Concept siswa terhadap pembelajaran dengan model Anchored Instruction. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Self-Concept siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Peningkatan kemampuan
komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori sedang; (4) Peningkatan self-concept siswa tentang matematika yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Anchored Instruction lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah; (5) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self-Concept siswa tentang matematika. Penggunaan model Anchored Instruction dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis dan Self-Concept siswa menjadi lebih baik, secara kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Anchored Instruction dan yang menggunakan pendekatan konvensional.

Kata kunci : Pembelajaran dengan Anchored Instruction, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Concept.

download full

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

how?